Sabtu, 19 Februari 2011

Cara menghapus gadget/ widget pada blog yang terkunci (khusus blogger.com)

Mungkin pernah saat kita mencoba template gratisan, terdapat gadget bawaan dari template tersebut. Awalnya mungkin tidak masalah gadget tersebut "terpampang" pada blog anda, tapi apa jadinya jika gadget tersebut tetap ada pada template baru yang anda gunakan untuk mengganti template sebelumnya dan tidak dapat dihapus ?, sangat mengganggu bukan ? hehehe :)

Kejadian tersebut juga menimpa saya yang memang sangat gaptek saudara-saudara :D . Lalu saya coba untuk mencari pada penolong-setia-saya, "Go**le", dan jeng jeng jeng, saya menemukan apa yg saya cari (lebay).

Berhubung saya tidak ingin dikatakan pelit, jadi saya akan memberikan tips yang saya temukan tentang bagaimana cara menghapus gadget "bandel" tersebut, semoga dapat membantu anda :)

1. Login ke blogger.com
2. Masukkan email dan password anda
3. Setelah itu anda akan dibawa masuk menuju dasbor anda
4. Pilih "rancangan" pada blog yg akan anda edit tentunya
5. Klik "edit" pada gadget "bandel" yg ingin anda hapus
6. Akan muncul jendela baru untuk mengkonfigurasi gadget "bandel" ini
7. Pada address bar, cari kode html gadget tersebut lalu copy



8. Setelah itu, keluar dari jendela konfigurasi tersebut dan kembali pada menu rancangan
9. Klik submenu "Edit Entri" yg terdapat dibagian bawah menu "rancangan" (biasanya digunakan saat akan mengganti template).



10. Klik download template lengkap (untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan)
11. Tekan ctrl + f (untuk membuka menu "find" yg akan terbuka di bagian bawah layar), lalu ctrl + v (paste) kode html yg tadi telah anda copy sebelumnya
12. Setelah ditemukan, hapus tulisan dari 13. Klik "simpan perubahan"
14. Biasanya akan muncul peringatan apakah anda akan menghapus htlm tersebut atau tetap membiarkannya, jika anda akan menghapusnya, maka klik "hapus widget"
15. Anda bisa langsung klik pilihan "Lihat Blog" atau kembali ke menu "rancangan" untuk memastikan bahwa gadget "bandel" tersebut sudah tidak ada

Jika terjadi kesalahan, unggah template yang sebelumnya sudah anda download tadi.

Mungkin itu sedikit tips yg bisa saya share, mudah-mudahan bisa sedikit membantu kekesalan anda :D

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Life is Knowledge. All rights reserved.
Blogger template created by Templates Block | Start My Salary
Designed by Santhosh